posted by admin on 11 July 2023

Matsama, Kepala MTsN 1 Sleman Paparkan tentang Wawasan Wiyata Mandala

Sleman (MTsN 1 Sleman) – MTsN 1 Sleman menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang digelar selama tiga hari mulai Senin-Rabu (10-12/7/2023) diikuti oleh 192 siswa baru. Kegiatan yang berlangsung di musala dan di ruang kelas terdiri dari enam gugus, masing-masing gugus didampingi oleh pembimbing gugus dan OSIS.

Senin (10/7/2023), Kepala MTsN 1 Sleman, Imam Syamroni menyampaikan tentang Wawasan Wiyata Mandala. Wawasan adalah suatu pandangan atau sikap yang mendalam terhadap suatu hakikat. Wiyata adalah pengajaran, pelajaran. Mandala adalah tempat atau lingkungan. Wawasan Wiyata Mandala adalah wawasan dalam dunia Pendidikan mengenai serangkaian kegiatan siswa, seperti organisasi kesiswaan, pelatihan kepemimpinan siswa, pembinaan siswa, serta kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler di sekolah/madrasah.

Matsama, Kepala MTsN 1 Sleman Paparkan tentang Wawasan Wiyata Mandala

Matsama, Kepala MTsN 1 Sleman Paparkan tentang Wawasan Wiyata Mandala

Dalam kesempatan tersebut, Imam juga menyampaikan tentang Visi dan Misi Madrasah, Tujuan Pendidikan Madrasah, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Program Ekstrakurikuler, dan Program Pembiasaan. Adapun pembiasaan yang ada di madrasah antara lain : Juli Bersilat (Jumat Literasi Bersih Lingkungan dan Sehat), merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap Jumat yang meliputi Senam, Literasi, Kerja Bakti, Khotmil Quran, dan Jalan Sehat.I

mam menambah, kegiatan ekstrakurikuler yang ada di madrasah antara lain : Pramuka, Baca Tulis Alquran dan Tahfidz, Futsal, Bulu Tangkis, Basket, Volley, Karate, Fotografi, Hadroh, Qiroah, Tonti, Menjahit, Tari, Boga, KIR, Paduan Suara, dan Sepak Bola. Imam berharap, dengan pemberian materi Wawasan Wiyata Mandala, siswa paham tujuan mereka menuntut ilmu di madrasah sehingga siswa memiliki motivasi dalam belajar. (rmi)

Tags: MATSAMA
Permalink | Last updated on July 11, 2023